Skip to main content

UTS Percakapan, Ngomongnya Cepet Bgt!

Rabu, 14 Januari 2009

Hari ini aku ada UAS Percakapan 1 ma Monsieur Iwan. Dia orangnya terkesan horor, wlopun sebenarnya baik n ramah... Tapi klo lagi ngajar ya seringnya horor, apalagi pas ujian. Ujian tahun lalu aja ma dia, anak-anak dibentak-bentak, diplototin n dia sampe ngegebrak meja. Sampe-sampe ada anak yang nangis... Padahal kita waktu itu masih mahasiswa baru banget n tentu aja pengetahuan bahasa Perancisnya masih minim banget...

Jam8 dah pada ngumpul di depan ruang ujian. Dia nyuruh anak semester 3 buat masuk duluan, dia nawarin siapa orang pertama yang mau maju. Pada ga da yang mau, mungkin pada takut... Yah...wajar sih... Trus aku tunjuk tangan, ngajuin buat maju duluan. Yah...cepat atau lambat kan harus dihadapi n biar cepet tenang ya udah riQ maju duluan aja meskipun deg-degan, trus dia bilang "Allez Ricky!". Aku pun masuk sendiri, tiap orang masuk sendiri-sendiri. Ternyata di ruangan itu ada lumayan banyak orang yang lagi ujian. Tapi aku ga kenal mereka, cuma 1 yang aku kenal. Itu juga senior aku. Ternyata itu anak-anak sastra Jerman yang lagi UAS tertulis bahasa Perancis. Diawasnya ma monsieur Iwan, trus M.Iwan nya juga sambil ngetes kita.

Dia ngasih tau instruksinya pake bahasa Perancis. Hfff...seperti biasa dia ngomongnya cepet, tapi syukur aku ngerti maksudnya apa. Aku maju ke meja n ngambil sebuah subjek yang tertulis di kertas yang diletakkan terbalik. Trus aku duduk n nyiapin kotretan apa yang mo diomongin selama 5 menit, dah itu maju n berdialog ma dia selama 5 menit. Aku dapet subjek: "aku jadi pegawai hotel bintang 5, trus ada tamu yang protes karena di kamarnya ada kecoa, dan kita harus mempertahankannya."

Setelah 5 menitan, aku disuruh maju... Yah...lumayan siap, aku berdoa aja... Pertama dia basa-basi dulu, dia nanyain nama, aku jurusan apa, apakah suka bahasa Perancis, kenapa suka Bahasa Perancis, trus pengen ke Perancis ga? Disana ngapain. Ya aku jawab aku suka bahasa Perancis karena bahasanya romantis. Dia nanya kenapa romantis? Aku jawab, ya dari cara pengucapannya. Anak-anak Jerman yang lagi ujian itu yang asalnya konsen ngejain soal, malah jadi ngeliatin. Penasaran kali ya.

Trus masuk ke dialog utamanya tentang subjek itu. Ya ampun dia ngomongnya cepeeett banget! Alhamdulilah aku ngerti apa yang dia omongin. Anak-anak Jerman pada ngeliatin n ketawa, mungkin mereka heran kok ngomongnya cepet banget n mungkin mereka juga baru pertama kali ngeliat 2 orang yang ngomong bahasa Perancis. Aku juga jadinya agak ketawa pas jawabnya, abis lucu mereka ketawa! Di dalem hati aku ngomong "Tuh...baru taukan bahasa Perancis tuh ngomongnya kayak gini, susah!" Hehehe. Eh, gara-gara diperhatiin n diketawain anak2 Jerman, si monsieur ngomongnya jadi tambah cepet lagi... Mau show off kayaknya, bete! Tapi untungnya aku ngerti apa yang dia omongin meskipun dia ngomong dah kayak kereta api aja!

Aku jawab semua pertanyaan2 dia n protes-protes dia. Aku usulin buat bersihin kamarnya dari kecoa, tapi dia ga mau. Aku kasih potongan harga, dia ga mau. Ya udah aku kasih gratis nginep, akhirnya dia mau n ga marah-marah lagi. Trus dia bilang "D'accord, c'est tout! Merci beaucoup!" "Merci beaucoup monsieur!" kataku sambil senyum karena dah lega n tenang bisa sukses percakapan ma dianya. Selama ngetes aku tadi juga dia masih senyum-senyum n mukanya masih enak. Ga tau tuh kalo siang... :p Hehehe

Pas keluar ruangan, anak-anak pada ngerubunin aku n pada nanya "Ricky, gimana di dalem? Ngapain aja? Blablabla..." Ya udah aku jelasin semuanya... ALhamdulilah lumayan sukses! Mudah-mudahan nilainya juga bagus, soalnya dia terkenal pelit banget ngasih nilai sih! Temen-temen aku yang lain malah ada yang lupa "vous vous appellez comment?" tuh artinya apa... Itu kan nanya nama kamu... Mungkin saking gugupnya...

Comments

Popular posts from this blog

Sastra Perancis UNPAD

Aku sekarang kuliah di jurusan sastra Perancis UNPAD.Mungkin kebanyakan orang berpikir sastra itu mudah...Tapi kenyataannya tidak. Ilmu dari segala ilmu adalah filsafat, setelah itu dibawahnya adalah logika, dan dibawahnya adalah sastra, setelah itu lalu cabang-cabang ilmu lainnya.Untuk mendapatkan gelar doktor di jurusan sastra sangatlah sulit, tidak semudah jurusan kedokteran, psikologi, ekonomi atau ilmu2 lainnya. Sastra tidak sekedar mempelajari bahasa, tapi lebih dari itu. Ketika aku ingin memilih jurusan untuk SPMB, aku putuskan memilih sastra Perancis UNPAD di pilihan kedua karena aku sangat ingin bisa berbahasa Perancis, bahasa yang sangat romantis dan elegan menurutku. Tapi Om ku berkata, "les aja bahasa Perancis kalo mau bisa bahasanya." tapi aku juga ingin mempelajari kebudayaan dan sejarah Perancis, sebuah negara yang punya pengaruh besar di Eropa dan dunia. Dan yang ibukotanya menjadi pusat mode dunia dan mempunyai ikon yang populer, menara Eiffel. Seka

Belajar dari Kesuksesan Pocari Sweat!

Siapa sih yang ga kenal Pocari Sweat ? Ya, minuman isotonik itu sekarang udah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Minuman ini adalah pelopor minuman isotonik di negara asalnya Jepang dan di Indonesia. Tau ga sih kalo ternyata Pocari Sweat itu waktu awal produksinya mengalami kegagalan dan penolakan oleh masyarakat? Gimana sih asal mula diproduksinya minuman ini? Penasaran kan? Coba deh liat video di bawah ini. Dengan alur cerita yang sederhana tapi menarik, pasti kalian bisa ngerti asal mula minuman ini tercipta sampe keberhasilannya sekarang. Kita juga bakal dapet banyak pengetahuan dari video ini.    Gimana? Dah ditonton kan videonya? Inspiratif banget ya videonya! Ga nyangka juga kan ternyata Pocari Sweat muncul dari ide "cairan infus yang bisa diminum" untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat ketika kita beraktivitas dan ternyata Pocari Sweat mendapatkan kesuksesan dengan cara yang ga gampang.   Hikmah yang bisa saya petik dari video itu a

15 Maret 2012, Saya Sidang Skripsi dan Menjadi Sarjana!

Seminggu sebelumnya... Saya, Mela, Bunga, Sheira dan Nene (Elia) sedang jalan kaki di gerbang UNPAD hendak keluar dari kampus. Tiba-tiba Sheira teriak : « Ayy, nih telepon dari Icha ! ». Lalu saya ambil handphone Sheira dan mendengarkan suatu kabar yang sangat mengangetkan bagi saya : « Rick, jadwal sidang kita dimajuin ! Jadi tanggal 15 ! », kata Icha. Perasaan saya bercampur aduk, sangat kaget sekaligus senang ! Ketika saya lihat handphone saya, ternyata ada miss called dari Icha. Saya kaget karena dua hari sebelumnya saya pasang status di Facebook « Ya Allah, semoga Kau memberikan kado terindah untuk ulang tahun saya di tahun ini. » Saya tersadar, mungkin itulah jawaban dari Tuhan. Seharusnya saya dan Icha sidang tanggal 28 Maret tetapi dimajukan 2 minggu jadi tanggal 15. Saya lalu menyelesaikan dengan cepat semua bagian skripsi yang belum selesai seperti daftar isi, sinopsis, belum lagi ditambah revisian dari pembimbing kedua. Pada hari Jumat tanggal 9 Maret saya menyebar